Rangkuman Bab 3

1. Algoritma

Algoritma adalah langkah-langkah dari suatu perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma ditemukan oleh seorang ilmuan yang berasal dari Timur Tengah pada zaman peradaban Islam bernama Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi (780-850 M).

Dalam ilmu komputer, penerapan, Algoritma ini adalah langkah yang di lakukan sebelum membuat suatu program.

Algoritma juga berartisebuah bentuk gambar atau diagram yang memiliki aliran satu dan dua arah yang berlaku secara urutan dan berkesinambungan

Contoh: 

membuat telur mata sapi

    a. Nyalakan kompor

    b. Simpan wajan diatas kompor

    c. Masukan satu sendok minyak kelapa ke wajan

    d. Masukan telur ke wajan

    e. Taburkan sedikit garam di atas telur

    f.  Pindahkan telur ke piring

    g. Matikan Kompor


2. Flowchart

Flowchart adalah sebuah bentuk gambar ataupun diagram yang memiliki aliran satu atau dua arah yang berlaku secara urutan dan berkesinambungan. 

Fungsi dari Flowchart adalah untuk menggambarkan sebuah rencana program berdasarkan pola berpikir kita berdasarkan algoritma.


Jenis - Jenis Flowchart: 

1. Terminal
2. Input/Output
3. Process
4. Desicion
5. Connector
6. Offline Connector
7. Predefined Process
8. Punched Card
9. Punch Tape
10. Document
11. Flow



3. Permograman

Pemrograman adalah proses untuk menulis, memperbaiki kesalahan, dan melakukan pengujian terhadap suatu program yang bertujuan membuat suatu sistem yang saling terhubung dan di dalam sebuah pemrograman terdapat kode yang ditulis dalam berbagai  bahasa pemrograman.

Pemrograman Menggunakan Dev C++

Bahasa C mulai diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1970an. dan Bjarne Stroustrup mulai mengembangkan bahasa pemrograman C++ yang merupakan turunan dari bahasa C. Jika bahasa C merupakan bahasa prosedural maka bahasa C++ hadir menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek atau Objeck Oriented Programming.



Comments