Rangkuman BAB 2

Rangkuman BAB 2

 

    1. Perangkat aplikasi pengolah angka merupakan program yang berfungsi untuk mengolah data berupa angka. kemampuan dari aplikasi ini, antara lain adalah:

 

-Pembuatan tabel data

-pengolahan data melibatkan rumus

-grafik

-database


    2.Beberapa perangkat lunak pengolah angka yang dikenal adalah:

-Kspread

 adalah aplikasi spreadsheet yang merupakan bagian dari KOffice, paket office terintegrasi untuk desktop KDE. Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data.

 

-Star office calc

 yang dikenal secara singkat sebagai Oracle Open Office sebelum akhirnya dihentikan pada tahun 2011, adalah paket aplikasi perkatoran proprieter. StarOffice berasal dari tahun 1985 sebagai StarWriter oleh StarDivision, yang diakuisisi oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Sun Microsystems, pada akhirnya, diakuisisi oleh Oracle Corporation pada tahun 2010.

 

-Open office calc

Apache OpenOffice (dahulu OpenOffice.org) adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). Apache OpenOffice ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. Apache OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

 

-Lotus 123

Lotus 1-2-3 adalah program spreadsheet yang dihentikan dari Lotus Software (bagian selanjutnya dari IBM). Itu adalah aplikasi pembunuh pertama PC IBM, sangat populer di tahun 1980-an dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi keberhasilan PC IBM.

 

-Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS X. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

 

    3. Microsoft Excel memiliki beberapa versi dengan beberapa penyempurnaan untuk setiap versi. Namun demikian, tetap memiliki fungsi-fungsi dasar yang sama. Untuk pertama kali Microsoft Excel diluncurkan pada tahun 1985, dan Microsoft Excel berisi terakhir adalah Excel Versi 2019

 

    4.menu bar pada Microsoft Excel antara lain:

-file

-home

-Insert

-page layout

-formulas

-data

-review 

-view

 

    5. Rumus yang dimaksud pada Microsoft Excel adalah persamaan matematika yang digunakan untuk menghitung nilai-nilai tertentu yang bertujuan mendapatkan hasil yang diharapkan, baik penghitungan sederhana atau penghitungan kompleks

 

6. fungsi adalah formula yang bertujuan menyederhanakan formula hingga membuat proses penghitungan data lebih mudah

 

7.ketika kita menggunakan rumus ataupun fungsi Excel kita harus menggunakan tanda sama dengan (=) di awal rumus atau fungsi tersebut


Comments