Rangkuman BAB 1 (INFORMATIKA)

Satrio Wibisono Prasetyo

7F/No absen 32

Rangkuman BAB 1 



1. Komputer berasal dari kata Compute, yang artinya menghitung. Artinya setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika menghitung.

2. Komputer memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan mengontrol peralatan. 

3. Komputer memerlukan beberapa komponen untuk dapat bekerja untuk dapat bekerja dalam mengolah, memanipulasi, dan mengubah sebuah data menjadi informasi yang berguna, komponen tersebut adalah Hardware. (perangkat keras), software (perngkat lunak), dan brainware

4. Jenis-jenis komputer bisa kita bedakan berdasarkan kriteria, fungsi, dan fisiknya. Jenis-jenis komputer di antaranya adalah mainframe, superkomputer, laptop, notebook, netbook, dan komputer mobile.

5. Kita harus memperhatikan cara menghubungkan komputer, menghidupkan dan mematikan komputer dengan cara yang benar.

6. Sistem operasi komputer merupakan perangkat lunak pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan, sedangkan perangkat lunak lainnya dijalankan setelah sistem komputer berjalan.

7. Dekstop merupakan tampilan awal pada saat dimulainyan sistem operasi. dari dekstop ini kita bisa memulai semua yang akan dikerjakan.

8. Kesehatan & Keselamatan Kerja (KKK / K3) adalah aspek yang harus menjadi perhatian setiap kita melakukan kegiatan, termasuk ketika kita bekerja dengan komputer.

Comments